PANDUAN
UJIAN PRAKTIK
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH
DASAR
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
KURIKULUM TAHUN 2013
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
Tahun 2020
KISI – KISI UJIAN PRAKTIK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
KOMPETENSI
DASAR
|
KELAS
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
1. ASPEK AL-QUR’AN
|
|||
4.2.1
Melafalkan Q.S. al Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan
jelas
4.2.2 Menunjukkan
hafalan Q.S. al Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
|
I
|
Q.S.
al-Fatihah
|
Peserta
didik dapat membaca, menulis dan menghafalkan satu surah pilihan atau ayat pilihan dari Q.S. al-Fatihah , Q.S al- Falq, Q.S. al-FÄ«l,
Q.S.at-Tin, Q.S al-Ma’un, Q.S.
al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 atau Q.S al-Hujurat/49:12-13
|
4.1.1.
membaca Q.S.
al-Falaq dan Q.S al-FÄ«l dengan tartil
|
IV
|
Q.S. al-Falaq dan Q.S
al-FÄ«l
|
|
4.1.2.
menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tin dan Q.S al-Ma’un dengan benar
|
V
|
Q.S.at-Tin
dan
Q.S al-Ma’un
|
|
4.1.3.
Menunjukkan
hafalan Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 dan Q.S
al-Hujurat/49:12-13 dengan lancar
|
VI
|
Q.S.
al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 dan Q.S al-Hujurat/49:12-13
|
|
2.
ASPEK FIQIH
|
|||
4.9
Mempraktikkan
wudu dan doanya dengan tertib dan benar
|
III
|
Praktik wudu
|
Peserta didik dapat mempraktikkan wudu
dengan baik dan benar.
|
4.10
Mempraktikkan
salat dengan tata cara dan bacaan yang benar
|
III
|
Praktik salat
|
Peserta didik dapat mempraktikkan Azan
dan atau Iqamah dengan benar
|
Peserta
didik dapat mempraktikkan salat wajib dengan tertib, tuma’ninah, dan benar
|
Keterangan :
-
Azan untuk
peserta didik laki laki
-
Iqamah untuk peserta didik perempuan
-
Sekolah dapat mengembangkan ujian
praktik pada kompetensi dasar yang lain
PANDUAN UJIAN PRAKTIK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
I. Materi Ujian Praktik
A. Aspek Al-Qur’an
1. Kompetensi Dasar
4.2.1
Melafalkan Q.S.
al Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.2.2
Menunjukkan
hafalan Q.S. al Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.1.1.
membaca
Q.S. al-Falaq dan Q.S al-FÄ«l dengan tartil
4.1.2.
menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tin dan Q.S al-Ma’un dengan benar
4.1.3.
menunjukkan
hafalan Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 dan Q.S
al-Hujurat/49:12-13 dengan lancar
2. Indikator Soal :
Peserta
didik dapat membaca, menulis dan menghafalkan satu surah pilihan atau ayat pilihan dari Q.S. al-Fatihah , Q.S al- Falq, Q.S. al-FÄ«l,
Q.S.at-Tin, Q.S al-Ma’un, Q.S.
al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 atau Q.S al-Hujurat/49:12-13
3. Materi
a. Membaca
Membaca satu ayat pilihan dan surah pendek
pilihan, yaitu sebagai berikut :
Q.S.
al-Fatihah
, Q.S al- Falq, Q.S. al-FÄ«l,
Q.S.at-Tin, Q.S al-Ma’un, Q.S.
al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 dan
Q.S al-Hujurat/49:12-13
b. Menulis
Menulis satu surah pendek pilihan, yaitu sebagai berikut :
Q.S.
al-Fatihah
, Q.S al- Falq, Q.S. al-FÄ«l,
Q.S.at-Tin, Q.S al-Ma’un, Q.S.
al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 dan
Q.S al-Hujurat/49:12-13
c. Menghafal
Menghafal satu surah pendek
pilihan, yaitu sebagai berikut :
Q.S.
al-Fatihah
, Q.S al- Falq, Q.S. al-FÄ«l,
Q.S.at-Tin, Q.S al-Ma’un, Q.S.
al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 dan
Q.S al-Hujurat/49:12-13
4. Aspek Penilaian
a. Membaca
Aspek yang dinilai: Kefasihan, Tajwid dan kelancaran membaca
c. Menulis
Aspek yang dinilai: Ketepatan huruf dan kerapian dalam menulis
b. Menghafal
Aspek yang dinilai: Kefasihan, tajwid dan
Kelancaran dalam menghafal
A.
Aspek Fiqih
1. Kompetensi Dasar:
4.9. Mempraktikkan wudu dan doanya dengan
tertib dan benar
4.10. Mempraktikkan salat dengan tata cara dan
bacaan yang benar
3. Indikator:
a. Peserta didik dapat
mempraktikkan wudu dengan tertib dan benar
b. Peserta didik dapat
mempraktikkan Azan / Iqamah dengan benar
c. Peserta didik dapat
mempraktikkan salat wajib dengan tertib, tuma’ninah
dan benar
4. Materi:
a. Praktik wudu
b. Azan / Iqamah
c. Praktik salat
5. Aspek
penilaian
a.
Praktik wudu
Gerakan, tertib, dan doa setelah wudu.
b. Praktik
Azan / Iqamah
Ketepatan Lafaz dan Lagu
c. Praktik salat
Tertib, Bacaan, keserasian bacaan dan gerakan salat,
dan tuma’ninah
II. PEDOMAN PENILAIAN
ASPEK
YANG DINILAI
|
SKOR
MAKSIMAL
|
SKOR
PEROLEHAN
|
||||
A.
|
Aspek al-Qur’an
|
|||||
1.
|
Membaca
|
|||||
a.
|
Fasih
|
15
|
||||
b.
|
Tajwid
|
10
|
||||
c.
|
Kelancaran
|
10
|
||||
2
|
Menulis
|
|||||
a. Ketepatan huruf
|
10
|
|||||
b. Kerapian dalam menulis
|
10
|
|||||
3
|
Menghafal
|
|||||
a.
|
Kelancaran
|
15
|
||||
b.
|
Tajwid
|
15
|
||||
c
|
Kelancaran
|
15
|
||||
Jumlah Skor A :Aspek al-Qur'an
|
100
|
|||||
B.
|
Aspek Fiqih
|
|||||
1.
|
Wudu
|
|||||
a.
|
Gerakan
|
13
|
||||
b.
|
Tertib
|
10
|
||||
c.
|
Doa setelah wudhu
|
7
|
||||
2.
|
Azan / Iqamah
|
|||||
a.
|
Ketepatan Lafadz
|
10
|
||||
b.
|
Lagu
|
10
|
||||
3.
|
Salat
|
|||||
a.
|
Bacaan
|
12
|
||||
b.
|
Ketepatan gerakan
|
12
|
||||
c.
|
Keserasian bacaan dan gerakan
|
10
|
||||
d.
|
Tuma’ninah
|
8
|
||||
e.
|
Tertib
|
8
|
||||
Jumlah Skor B : Aspek Fikih
|
100
|
|||||
Pengolahan Nilai :
Nilai Akhir : Skor
A + Skor B
2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar