" =+=+=+=+=+ Selamat Datang di SDN 1 Bakungin kecamatan Kapuas Hilir Kab. Kapuas_^_ =+=+=+=+=+=+=+ "

Senin, 27 April 2020

KISI KISI UJUAN PRAKTIK PAI SD TAHUN 2019/2020












PANDUAN UJIAN PRAKTIK 
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2019/2020


KURIKULUM TAHUN 2013


  •   
 

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
Tahun 2020







KISI – KISI UJIAN PRAKTIK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

KOMPETENSI DASAR
KELAS
MATERI
INDIKATOR SOAL
1.    ASPEK AL-QUR’AN
4.2.1   Melafalkan Q.S. al Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.2.2      Menunjukkan hafalan Q.S. al Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
I
Q.S. al-Fatihah
Peserta didik dapat membaca, menulis dan menghafalkan  satu surah pilihan atau ayat pilihan dari  Q.S. al-Fatihah , Q.S  al- Falq,  Q.S. al-FÄ«l,  Q.S.at-Tin, Q.S al-Ma’un, Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 atau  Q.S al-Hujurat/49:12-13
4.1.1. membaca Q.S. al-Falaq dan Q.S al-FÄ«l dengan tartil
IV
Q.S. al-Falaq dan Q.S al-FÄ«l
4.1.2. menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tin dan Q.S al-Ma’un dengan benar
V
Q.S.at-Tin dan Q.S al-Ma’un
4.1.3. Menunjukkan hafalan Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 dan Q.S al-Hujurat/49:12-13 dengan lancar
VI
Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 dan Q.S al-Hujurat/49:12-13
2.    ASPEK FIQIH
4.9           Mempraktikkan wudu dan doanya dengan tertib dan benar
III
Praktik wudu
Peserta didik dapat mempraktikkan wudu dengan baik dan benar.  

4.10      Mempraktikkan salat dengan tata cara dan bacaan yang benar
III
Praktik salat
Peserta didik dapat mempraktikkan Azan dan atau Iqamah  dengan benar
Peserta didik dapat mempraktikkan salat wajib dengan tertib, tuma’ninah, dan benar

Keterangan :
-          Azan untuk peserta didik laki laki
-          Iqamah untuk peserta didik perempuan
-          Sekolah dapat mengembangkan ujian praktik pada kompetensi dasar yang lain   



PANDUAN UJIAN PRAKTIK 
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2019/2020


I.    Materi Ujian Praktik
A.   Aspek Al-Qur’an
1.   Kompetensi Dasar
4.2.1        Melafalkan Q.S. al Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.2.2        Menunjukkan hafalan Q.S. al Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.1.1.          membaca Q.S. al-Falaq dan Q.S al-FÄ«l dengan tartil
4.1.2.          menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tin dan Q.S al-Ma’un dengan benar
4.1.3.          menunjukkan hafalan Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 dan Q.S al-Hujurat/49:12-13 dengan lancar
2.   Indikator Soal :
Peserta didik dapat membaca, menulis dan menghafalkan  satu surah pilihan atau ayat pilihan dari  Q.S. al-Fatihah , Q.S  al- Falq,  Q.S. al-FÄ«l,  Q.S.at-Tin, Q.S al-Ma’un, Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 atau  Q.S al-Hujurat/49:12-13

3.   Materi
a.      Membaca
Membaca satu ayat pilihan dan surah pendek pilihan, yaitu sebagai berikut :
Q.S. al-Fatihah , Q.S  al- Falq,  Q.S. al-FÄ«l,  Q.S.at-Tin, Q.S al-Ma’un, Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 dan  Q.S al-Hujurat/49:12-13

b.      Menulis
Menulis satu surah pendek pilihan, yaitu sebagai berikut :
Q.S. al-Fatihah , Q.S  al- Falq,  Q.S. al-FÄ«l,  Q.S.at-Tin, Q.S al-Ma’un, Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 dan  Q.S al-Hujurat/49:12-13

c.       Menghafal
Menghafal satu surah pendek pilihan, yaitu sebagai berikut :
Q.S. al-Fatihah , Q.S  al- Falq,  Q.S. al-FÄ«l,  Q.S.at-Tin, Q.S al-Ma’un, Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 dan  Q.S al-Hujurat/49:12-13

4.   Aspek Penilaian
a.   Membaca
Aspek yang dinilai:  Kefasihan, Tajwid dan kelancaran membaca
c.    Menulis
Aspek yang dinilai: Ketepatan huruf dan kerapian dalam menulis
b.   Menghafal
Aspek yang dinilai: Kefasihan, tajwid dan Kelancaran dalam menghafal



A.   Aspek Fiqih
1.   Kompetensi Dasar:
4.9.       Mempraktikkan wudu dan doanya dengan tertib dan benar
4.10.   Mempraktikkan salat dengan tata cara dan bacaan yang benar

3.  Indikator: 
a.  Peserta didik dapat mempraktikkan wudu dengan tertib dan benar 
b.  Peserta didik dapat mempraktikkan Azan / Iqamah  dengan benar
c.  Peserta didik dapat mempraktikkan salat wajib dengan tertib, tuma’ninah dan benar 

4.  Materi: 
a.  Praktik wudu 
b.  Azan / Iqamah
c.  Praktik salat

5.  Aspek penilaian
a.  Praktik wudu
Gerakan, tertib, dan doa setelah wudu. 
b.  Praktik Azan / Iqamah
Ketepatan Lafaz dan Lagu
c.  Praktik salat
Tertib, Bacaan, keserasian bacaan dan gerakan salat, dan tuma’ninah


II. PEDOMAN PENILAIAN
ASPEK YANG DINILAI
SKOR MAKSIMAL
SKOR PEROLEHAN
A.
Aspek al-Qur’an



1.
Membaca



a.
Fasih
15



b.
Tajwid 
10



c.
Kelancaran 
10


2
Menulis



a.        Ketepatan huruf
10



b.       Kerapian dalam menulis
10


3
Menghafal 




a.
Kelancaran
15



b.
Tajwid 
15



c
Kelancaran
15

 Jumlah Skor A :Aspek al-Qur'an
100

B.
Aspek Fiqih



1.
Wudu 



a.
Gerakan
13



b.
Tertib
10



c.
Doa setelah wudhu
7


2.
Azan / Iqamah



a.
Ketepatan Lafadz
10



b.
Lagu
10


3.
Salat



a.
Bacaan 
12



b.
Ketepatan gerakan 
12



c.
Keserasian bacaan dan gerakan
10



d.
Tuma’ninah 
8



e.
Tertib 
8

Jumlah Skor B : Aspek Fikih
100









Pengolahan Nilai :
Nilai Akhir           : Skor A + Skor B
                                            2



Tidak ada komentar:

Posting Komentar